Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selection design

Untuk meningkatkan daya saing , kualitas dan produktifitas, diperlukan adanya suatu aktifitas riset dan pengembangan produk-produk baru. Dalam proses mendesain produk terjadi sebuah perbandingan antara pekerjaan yang bersifat rutin dan pekerjaan kreatif dalam pemaparan ide seperti pada gambar dibawah ini.


















Ditinjau dari tipenya, desain produk dibagi menjadi beberapa kategori :

a) Selection design (desain seleksi)

Didalam tipe ini,dipilih satu item (atau lebih) dari sebuah list suatu item sejenis. Hal ini biasa dilakukan ketika kita memiliki katalog suatu barang. Untuk memulai desain tipe ini kita harus benar-benar mengetahui fungsi dan karakteristik dari suatu item dan kebutuhan dari alat yang didesain. Sebagai contoh dalam perancangan meja kerja dibutuhkan pipa kotak dengan ukuran 30x30mm dengan ketebalan 2mm. Pipa ini penulis gunakan sebagai kaki meja ( outer vertical pipe ) agar bisa dirakit dengan kaki meja bagian bawah ( inner vertical pipe ) maka kita harus memilih secara tepat pipa kotak sesuai fungsi dan karakteristiknya.

b) Configuration design (desain konfigurasi)

Pada tipe ini kita merakit semua bagian menjadi satu bagian yang utuh berdasarkan fungsi dan karakteristiknya. Sebagai contoh sebuah meja kerja yang penulis rancang terdiri atas upper frame, lower leg, cable channel, modesty panel, longitudinal beam harus dirakit menjadi satu bagian yang berfungsi secara utuh. Dalam perakitan ini yang diperlukan adalah metoda perakitannya yang kita sebut dengan desain konfigurasi.

c) Parametric design (desain parametris)

Tipe desain ini untuk menentukan sebuah besaran kuantitatif yang menjadi parameter terbentuknya sebuah produk. Misalnya kita hendak mendesain frame cover pada meja kerja pada meja kerja dengan menggunakan pelat tebal 0.8mm agar diperoleh bentangan material yang tepat, maka perlu digunakan rumus bentangan :



















Dalam penyelesainnya kita mendesain sesuai dengan , Rd, K dan t yang kita inginkan sehingga begitu banyak kombinasi yang kita dapatkan. Disinilah parameter menjadi penting.

d) Original design (desain asli)

Setiap proses desain yang kita kerjakan dan sebelumnya belum pernah dibuat akan dinamakan dengan desain asli. Berbeda dengan tipe desain sebelumnya (seleksi, konfigurasi dan parametris), maka jenis desain ini benar-benar sesuatu yang unik dan baru, yang kadang-kadang tidak dapat diwakili oleh proses pada tipe lainnya.

e) Redesign (desain ulang)

Apa yang dinamakan desain ulang adalah mendasain sesuatu yang telah eksis. Sebagian besar proses yang terjadi di industri adalah proses desain ulang dari prototipe yang telah dibuat sebelumnya. Tapi dalam perkembangannya proses ini tidak stagnan dan kadang-kadang suatu industri mengadakan perbaikan-perbaikan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Banyak contoh dari produk-produk redesign misalnya sepeda, kendaran bermotor, peralatan elektronik dsb.




  • READ MORE.......


  • for more details and updates about illustrator simple tutorial please visit.........
    www.illustratorsimpletutorial.blogspot.com

    Posting Komentar untuk "Selection design"


    2 lantai air minum almari anak apartemen area lobby area makan asri bedroom bedroom minimalis belajar berjajar berkualitas berpengalaman beton biaya murah bilik massage bird eye butik cafe cafe saung cantik carwash contempory counter cuci mobil dapur dapur cantik denah berwarna denah rumah depo depot depot air minum desain desain gudang desain kafe desain konter desain mewah desain pabrik desain pantry desain ruang tengah desain salon desain toilet design design 3d design atm design counter design interior design kitchenset design tampak design wardrobe fasad 550 ribu furniture galeri am galon gambar glossy guest harga harga desain harga murah hotel hunian industrial inspiratif interior interior kantor isi ulang jasa jasa arsitek jasa desain jasa desain online jasa desainer jasa design jasa gambar kamar anak kamar mandi kamar tidur kamar tidur sempit kamar utama kantor kapsul kawasan kecamatan kitchen set klasik kolam renang koleksi pakaian lantai lantai 1 lemari dinding lemari serbaguna lihat hasil baru bayar livingroom loading area lobby kantor madrasah main office manicure master bedroom mechanic shop meja belajar meja resepsionis menarik merk alisan mewah mini bar minimalis minimalist miring modern murah murah berkualitas murah dan cepat nuansa alam nyaman online. outdoor living pabrik 3d pedicure perabot perkantoran perumahan perumahan elit photorealistik photosop pintu utama prosedur pemesanan restaurant restoran retail 2 lantai ritel ruang direksi ruang resepsionis ruko rumah rumah panggung salon spa scandinavian sekolah solusi cepat taman taman barbeque taman gerbang tampak tempat tidur teras terbaik terbaru toko baju tv unik via online villa wardrobe warehouse warna putih wc umum